Rabu, 18 Desember 2013

HIJAULAH BUMIKU



Sebagai pengenalan dari apa yang akan saya publikasikan tentang judul di atas, bisa di lihat GRUP FACEBOOK INI  BERILMU DENGAN VERTIKULTUR .
Jika sudah melihat pastikan anda ingin mencoba untuk menanam tanaman yang mungkin ingin anda tanam.
hehe saya cuma bercanda. kesannya seperti memaksa. Tidak ada unsur paksaan untuk mengikuti perkataan saya tadi kok. OK saya kira cukup pengenalannya tentang apa maksud dari judul di atas.

Alhamdulillah Berkat Rahmad Tuhan Yang Maha Kuasa, saya selaku penulis telah di berikan kemauan untuk berbagi pengalaman serta ilmu kepada temen - temen semua pengguna jasa internet.
sebagai mana firman Allah SWT yang berbunyi balighu 'anni walau ayah. Dari sekian banyak media atau tempat pembelajaran mulai dari sekolah, pesantren dsb saya mengambil inisiatif untuk menuntut ilmu bukan cuma dari sekolah ataupun pesantren dsb. Melainkan saya disini mencoba menuntut ilmu dengan berkebun atau juga bisa dibilang bercocok tanam.
dalam firman allah yang berbunyi

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللّ

الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِي

HAI ORANG - ORANG BERIMAN APABILA DIKATAKAN KEPADAMU: " BERLAPANG - LAPANGLAH DALAM MAJLIS", MAKA LAPANGKANLAH NISCAYA ALLAH AKAN MEMBERI KELAPANGAN UNTUKMU. DAN APABILA DIKATAKAN: "BERDIRILAH KAMU", MAKA BERDIRILAH, NISCAYA ALLAH AKAN MENINGGIKAN ORANG - ORANG YANG BERIMAN DIANTARAMU DAN ORANG - ORANG YANG DI BERI ILMU PENGETAHUAN BEBERAPA DERAJAT. DAN ALLAH MAHA MENGETAHUI APA YANG KAMU KERJAKAN. (QS. MUJADILAH [85]: 11] )
Dari ayat di atas saya akan mencoba menjabarkannya. Apa pentingnya ilmu untuk khidupan sehari - hari. Dan disini saya akan mencoba memperkenalkan tentang pembelajaran / menuntut ilmu melalui media pembelajaran dengan berkebun / bercocok tanam yang di sebut vertikultur.

Langsung saja dari bermacam - macam pengalaman yang sudah saya alami mulai menuntut ilmu dari sekolah, pesantren dsb, saya akan membegi pengalaman menuntut ilmu saya dari berkebun ( vertikultur ).
Pengertian tanaman vertikultul adalah sistem tanam didalam pot ataupun media yang berupa bambu, paralon dan masih banyak lagi yang bisa di gunakan, yang di susun horisontal, vertikal dan bertingkat. Cara tanamnya pun sangat mudah. Bisa di tanam di halaman  / pekaranga rumah. Tanaman ini bisa di sebut dengan tanaman sela. Di sela - sela pekarangan atau halaman rumah yang tampak kosong bisa di tanami dengan tanaman vertikultur.

Vertikultur
Vertikultur merupakan pola tanam yang mengembangkan / merupakan system peningkatan produksi pertanian dengan memanfaatkan media tambahan, sehingga lahan sempitpun bisa menghasilkan yang serupa dengan lahan yang luas (sawah ataupun kebun).
Pola tanam vertikultur yang memanfaatkan lahan sela dalam arti lahan yang terlihat sempit / nganggur yang ada disekitar kita seperti halaman rumah, samping - samping rumah bisa terpakai untuk penanaman tanaman sela atau disebut vertikultur.
Untuk bahan yang akan di gunakan dan cara pembuatannya sebagai berikut.

A. Bahan - Bahan :
  1. Media Tanah
  2. Kompos
  3. Air
  4. Pupuk Organik Pengolah Tanah
  5. Pipa, Kaleng, Bambu dan masih bnyak media yang bisa di gunakan.
B. Cara Pengolahan Media :
  1. Campurkan tanah dengan kompos dan sekam dengan takaran secukupnya : perbandingan takaran sebagai contoh 3 timba tanah 2 timba kompos dan 1 timba sekam.
  2. Basahi tanah dengan air yang telah di campur pupuk organik pengolah tanah
  3. Diamkan tanah selama kurang lebih 2 X 24 jam sebelum tanah siap ditanami.
C. Cara Pembuatan Verti : 
  1. Ukur (melingkar dari atas ke bawah) jarak tanam pada media baik pada pipa, kaleng , bambu dll. (Usahakan jarak di setiap sisi di sesuaikan dengan jarak tanam seperti di lahan secara normal (sawah/kebun)). Kalau tidak, bisa menurut selera.
  2. Buatlah lubang tanam pada ukuran yang telah ditentukan.
  3. Ukur pula jarak lubang untuk pipi kecil (Bagi yang menggunakan kaleng, usahakan disesuaikan dengan jarak per-kaleng) dan tidak perlu di lubang jika menggunakan pipa.
  4. Buat lubang pada ukuran yang telah ditentukan dengan urutan lubang yang semakin mengcil. Sebagai contoh 3ml lubang dari atas, 2ml  lubang di bawahnya dan 1ml lagi lubang dibawah dst. Lubang tersebut guna untuk pengairan.
  5. Tempatkan / dirikan wadah verti pada lahan yang diinginkan.
  6. Masukan dan tempatkan pipa kecil di dalam tepat di tengah kaleng/pipa.
  7. Masukan media yang telah di persiapkan
  8. Vertikultur siap di tanam

Berikut Sebagian Contoh Galeri Proses Pembuatan Media dan Penyiapan Alat Verti :












Tidak ada komentar:

Posting Komentar